Radio Streaming

 

Berita Populer

BI Latih 580 Wartawan Daerah

Post on 21 November 2017
by Redaksi

Green-Bank Indonesia menggelar pelatihan bagi 580 wartawan yang biasa meliput kegiatan Bank Indonesia di daerah. Pelatihan yang dilakukan di salah satu hotel di Jakarta ini bertujuan untuk menyamakan persepsi antara Bank Indonesia dan wartawan dalam menyampaikan kebijakan.

“Ini merupakan pelatihan wartawan daerah kedua yang diadakan se Indonesia. Para wartawan akan dibekali pemahaman ekonomi, utamanya dalam tugas BI sebagai Bank Sentral,” kata Agusman, kepala Departemen Komunikasi BI, Senin, 20/11/2017.

Ada tiga tugas utama BI yang akan diulas, yakni fungsi moneter, kebijakan sistem pembayaran dan pengelolaan rupiah, dan mengenai stabilitas sistem keuangan. Menurut Agusman, fungsi pengawasan moneter menyangkut tugas BI untuk menjaga stabilitas nilai rupiah dari Inflasi dan juga daya saing rupiah dengan mata uang asing.

Kegiatan pelatihan ini dibuka Dyah Nastiti selaku Asisten Gubernur BI. Dalam kesempatan itu, ia mengatakan bahwa peranan media sangat penting. Kegiatan awal pelatihan wartawan daerah Bank Indonesia ini menghadirkan pemateri-pemateri di antaranya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Direktur Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI Yoga Affandi, Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Iskandar Simorangkir, dan Pengamat Ekonomi Samuel Sekuritas Lana Soelistyoningsih.

Pelatihan ini sendiri diikuti oleh 50 jurnalis dari televisi, 120 reporter radio, 181 wartawan cetak dan 223 media online